TBA JURNAL


This document is...



Vol. 1, No. 1, April 2013    Jurnal Komputasi
©2013 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserved
http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi  Hal 83 dari 90
1
Wamiliana,
2
Didik  Kurniawan
2
Rizky Indah Melly E.P
1
Jurusan  Matematika  FMIPA  Universitas Lampung 
2
Jurusan  Ilmu  Komputer FMIPA  Universitas Lampung

Abstract
This  research  discusses  about  a  simulating  application  for  automatic  coffee  machine  which  can  do  processes
of  making  7  types  of  choices  of  drinks;  coffee,  milk,  chocolate,  coffee  milk,  coffee  brown,  mocha,  and
chocolate  milk  automatically.  In  this  application,  the  concept  of  Finite  State  Automata  (FSA)  was  applied
to  recognize  and  to  capture  the  pattern  on  the  process  for  making  coffee  drinks.  In  this  application,  Finite
State  Automata  (FSA)  was  applied  to  read  input  symbols  given  from  the  starting  state  to  the  final  state  in
order  to  get  the  language  recognized  by  the  machine. Further, the process will be done accordance  with the
read language.
Keywords:  Coffee  Machine,  Finite  State  Automata  (FSA),  Language  and  Automata  Theory.
1  Pendahuluan
Perkembangan  zaman  yang  semakin  modern  mengubah  pola  pikir  manusia  untuk  berfikir  lebih
maju,  menciptakan  serta  mengembangkan  berbagai  teknologi  baru,  dimana  teknologi  tersebut
diciptakan  untuk  memudahkan  kegiatan  manusia.  Mesin  otomatis  merupakan  salah  satu  teknologi
yang  sengaja  diciptakan  untuk  mengubah  suatu  kegiatan  yang  bersifat  manual  menuju  otomatis
dengan  tujuan  mempercepat  proses  kegiatan  tersebut.  Salah  satu  mesin  otomatis  yang  mulai
berkembang saat ini adalah mesin pembuat minuman kopi otomatis.
Mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis  muncul  sebagai  suatu  terobosan  baru    untuk  memudahkan
serta  mempercepat  proses  pembuatan  minuman  kopi  dan  variasinya.  Dengan  banyaknya  variasi
ataupun  pilihan  jenis  minuman  kopi  yang  diberikan,  tentunya  mesin  pembuat  minuman  kopi
otomatis  ini  harus  dapat  melakukan  proses  pembuatan  minuman  yang  sesuai  berdasarkan  pilihan
yang  diberikan.  Untuk  mengatasi  permasalahan  dalam  proses  pembuatan  minuman  kopi  secara
otomatis,  penerapan  konsep  Finite  State  Automata  (FSA)  pada  suatu  mesin  pembuat  minuman
kopi  otomatis  merupakan  pilihan  yang  tepat    untuk    memodelkan  proses  pembuatan  minuman  kopi
secara otomatis.
Finite  State  Automata  (FSA)  merupakan  tool  yang  sangat  berguna  untuk  mengenal  dan
menangkap  pola  dalam  data.  Finite  State  Automata  (FSA)  adalah  model  matematika  yang  dapat
menerima  input  dan  mengeluarkan  output  yang  memiliki  state  yang  berhingga  banyaknya  dan
dapat berpindah dari satu state ke state lainnya berdasarkan input dan fungsi transisi  [1].
Penerapan Konsep Finite State Automata (FSA)
pada Mesin Pembuat Minuman Kopi Otomatis
Vol. 1, No. 1, April 2013    Jurnal Komputasi
©2013 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserved
http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi  Hal 84 dari 90
Pada  penelitian  ini  akan  dimodelkan  suatu  penerapan  konsep  Finite  State  Automata  (FSA)  pada
suatu  mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis.  Penerapan  konsep  FSA  digunakan  untuk  mengenal
dan  menangkap  pola  dalam  proses  pembuatan  minuman  kopi  pada  mesin  pembuat  minuman kopi
otomatis.
Aplikasi  simulasi  mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis  ini  dibangun  dengan  menggunakan
tools  Microsoft  Visual  Studio  2008.  Pada  aplikasi  akan  digunakan  8  bahan  dasar  pembuat
minuman  yaitu  :  gelas  dengan  tiga  jenis  ukuran  yaitu  small,  medium  dan  large,  air,  gula,  bubuk
kopi,  bubuk  susu,  dan  bubuk  coklat.  Selanjutnya,  dari  bahan  tersebut  mesin  dapat  membuat  7
jenis  produk  minuman  yaitu  :  kopi,  susu,  coklat,  kopi  susu,  kopi  coklat,  kopi  susu  coklat  dan
susu  coklat.  Aplikasi  ini  juga  dirancang  hanya  sebagai  mesin  yang  dapat  melakukan  proses
pembuatan  minuman  kopi  secara  otomatis  dan  tidak  melakukan  proses  transaksi  penjualan,
sehingga tidak membutuhkan input berupa uang koin maupun uang kertas.
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  menerapkan  konsep  Finite  State  Automata  (FSA)  pada  aplikasi
simulasi  mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis  dan  menghasilkan  suatu  aplikasi  simulasi
mesin  yang  dapat  melakukan  proses  pembuatan  minuman  kopi  dan  variasinya  secara  otomatis.
Selain  itu,  pada  penelitian  ini  akan  di  generate  suatu  grammar  untuk  menghasilkan  ke  tujuh
jenis minuman seperti yang telah didiskusikan sebelumnya.
Manfaat  yang  dapat  diperoleh  dari  penelitian  ini  adalah  memahami  tentang  penerapan  konsep
FSA  pada  mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis.  Penerapan  konsep  FSA  dapat  menjadi  salah  satu
alternatif  untuk  merancang  suatu  mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis  serta  menjadi  bahan
pertimbangan  dan  acuan  yang  positif  dalam  pengembangan  aplikasi  selanjutnya  yang  sejenis.
2  Metode
Metode  yang  digunakan  dalam  pelaksanaan  penelitian  ini  adalah  formal  methods.  Formal  methods
atau  metode  formal,  dalam  ilmu  komputer  dan  rekayasa  perangkat  lunak,  adalah  suatu  pemodelan
matematika,  yang  dapat  digunakan  untuk  menjembatani  (spesifikasi  formal)  pembuatan,
pengembangan  dan  verifikasi  perangkat  keras  dan  piranti  lunak,  yang  dapat  digunakan  dari
perancangan awal sampai pengujian hasil [3].
Vol. 1, No. 1, April 2013    Jurnal Komputasi
©2013 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserved
http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi  Hal 85 dari 90
2.1  Spesifikasi Formal (Formal Specification)
Spesifikasi  formal  atau  formal  specification  adalah  spesifikasi  yang  dinyatakan
dalam  bentuk  bahasa  yang  didefinisikan  secara  formal  untuk  menggambarkan  apa
yang  harus  dilakukan  perangkat  lunak  [2].  Pada  penelitian  ini  teknik  spesifikasi
formal  yang  akan  digunakan  adalah  berorientasi  model  yaitu  dengan  membuat  suatu
model  perilaku  sistem  menggunakan  obyek  matematika  seperti  set  dan  urutan,  yaitu
diantaranya state charts dan automata model teoritis.
Gambar 1  Diagram  transisi mesin  pembuat  minuman kopi  otomatis
Berdasarkan  diagram  transisi  yang  telah  dibentuk  maka  dapat  dikonstruksikan  aturan  produksi  dari
FSA aplikasi simulasi mesin pembuat minuman kopi otomatis yaitu :
Misal  S0  =  S,  S1=A,  S2=B,  S3=C,  S4=D,  S5=E,  S6=F,  S7=G,  S8=H,  S9=I,  S10=J,
S11=K,  S12=L, S13=M, S14= N, S15=O, S16=Final State.
Maka :
G = {VT, VN, S, P}
VT  = {a, b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o, p, q, r, s, t, 0 }
VN= {S, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, 
N,O}  S = S
P = {S→ aA | bB | cC  | dD | eE | fF | gG | 0,  A → hH | iI | jJ | S, B → hH | iI | jJ | S, C → hH | iI
|jJ | S, D → hH | iI | jJ | S,  E → hH | iI | jJ | S,  F → hH | iI | jJ | S, G → hH | iI | jJ | S, H → kK |
Keterangan :
0   : kembali ke start state
a   : pilih minuman kopi b 
: pilih minuman susu c   
: pilih minuman coklat
d   : pilih minuman kopi susu e 
: pilih minuman kopi coklat f 
: pilih minuman mocca
g   : pilih minuman susu coklat
h   : gelas S
i    : gelas M
j    :  gelas  L
k   : gula
q  : tambah gula
l    : kopi
r  : tambah kopi
m  : susu
s  : tambah susu
n   : coklat
t  : tambah coklat
o   : air
p   : aduk (final state) 
Vol. 1, No. 1, April 2013    Jurnal Komputasi
©2013 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserved
http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi  Hal 86 dari 90
S, I → kK | S, J → kK | S,  K→ qK | lL | mM | nN | S, L → rL | mM | nN| oO | S, M → sM | nN
|oO | S, N → tN | oO | S , O → p | S }
Diagram  transisi  tersebut  menggambarkan  spesifikasi  proses  yang  terdapat  pada  mesin  pembuat
minuman  kopi  otomatis  yang  menerapkan  konsep  FSA.  Mesin  akan  mengikuti  pola  alur  dari
proses  pembuatan  minuman  sesuai  dengan  pilihan  jenis  minuman.  Sehingga,  dimungkinkan
tidak  terjadi  kesalahan  dalam  proses  pembuatan  minuman  yang  sesuai  dengan  jenis  pilihan
minumannya.  FSA  digunakan  untuk  membaca  simbol  masukan  yang  diberikan  dari  start  state
sampai  final  state  sehingga  diperoleh  suatu  bahasa  yang  dikenali  oleh  mesin.  Selanjutnya  dilakukan
proses pembuatan minuman sesuai dengan bahasa yang dibaca.
2.2  Implementasi
Setelah  melakukan  spesifikasi  maka  tahap  selanjutnya  adalah  implementasi.  Pada  aplikasi  simulasi
mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis  diterapkan  konsep  FSA  untuk  pemodelan  proses
pembuatan  minuman  kopi  secara  otomatis.  Spesifikasi  formal  yang  telah  ditentukan  sebelumnya
kemudian  diimplementasikan  kedalam  suatu  kode  program  yang  menerapkan  konsep  FSA  didalam
kode  program  tersebut.  Secara  umum  proses  tersebut  tergambar  pada  potongan  bagan  alur 
Vol. 1, No. 1, April 2013    Jurnal Komputasi
©2013 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserved
http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi  Hal 87 dari 90
(Flowchart) berikut ini:
Gambar  2  Flowchart aplikasi mesin  pembuat minuman kopi  dengan konsep FSA
Buka group box
pilihan  jenis  minuman
Buka group box bahan extra
Baca  keseluruhan  simbol  masukkan
Parsing  grammar  yg  terbentuk  dan
membuat  minuman
Mulai
If bahan >= batas
minumum  stok  bahan
STOK
BAHAN
HABIS
Pilih  jenis  minuman
Baca  simbol  masukkan
pilihan  jenis  minuman
If gelasS>0 or
If gelasM >0 or
If  gelasL>0 or
T
STOK  GELAS
HABIS
Y
Buka group box ukuran gelas
Pilih jenis ukuran  gelas
T
Baca  simbol  masukkan
pilihan ukuran  gelas dan air
If  bahan  tambahan
>= ukuran min
stok  tambahan
T
STOK  BAHAN
EXTRA  HABIS
Y
If pilih extra
Y
input  banyak  extra
max 3x
T
Baca simbol masukkan  jenis  dan
banyaknya  bahan  extra  yang
ditambah
If Pilih
proses
minuman
Y
TERIMAKASIH  .
SELAMAT  MENIKMATI
MINUMAN  ANDA.
Selesai 
Vol. 1, No. 1, April 2013    Jurnal Komputasi
©2013 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserved
http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi  Hal 88 dari 90
2.3  Verifikasi Formal (Formal Verification)
Verifikasi  Formal  yaitu  membuktikan  bahwa  suatu  implementasi  betul-betul
mengimplementasikan  apa  yang  dijabarkan  dalam  spesifikasinya.  Pada  penelitian  ini  teknik
verifikasi  formal  yang  digunakan  adalah  model  checking.  Dalam  model  checking  ingin  diuji
apakah  desain  memang  seperti  yang  diharapkan.  Membuat  suatu  model  abstrak  dari  desain,
kemudian  dapat  membuktikan  properties  dari  desain  tersebut  dengan  menguji  fungsi-fungsi
yang terdapat pada software tersebut.
3  Pembahasan
Aplikasi  Simulasi  Mesin  Pembuat  Minuman  Kopi  Otomatis  merupakan  aplikasi  simulasi  suatu
mesin  yang  dapat  melakukan  proses  pembuatan  minuman  kopi  dan  variasinya  secara  otomatis
dimana  dalam  penyelesaian  prosesnya  digunakan  konsep  Finite  State  Automata  (FSA).  Konsep
FSA  digunakan  untuk  menangkap  dan  mengenal  pola  dalam  proses  pembuatan  minuman  kopi
pada  mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis,  dengan  membaca  input  yang  diberikan  dan  masuk  ke
dalam  proses  pengecekkan  inputan  tersebut  sampai  dengan  state  akhir  kemudian  akan  melakukan
proses  sesuai  dengan  jalur  input  tersebut  (Gambar  1).  Gambar  3  merupakan  tampilan  utama  dari
Aplikasi Simulasi Mesin Pembuat Minuman Kopi Otomatis.
Metode  pengujian  yang  digunakan  adalah  model  checking.  Dalam  model  checking  ingin  diuji
apakah  desain  ini  memang  seperti  yang  yang  diharapakan.  Teknik  pengujian  yang  digunakan
adalah  dengan  membuat  daftar  dari  kemungkinan  kesalahan  yang  terjadi  pada  aplikasi  dan
selanjutnya mengikuti alur pengujian sesuai dengan daftar.
Tabel  1  Daftar Pengujian Aplikasi
Gambar  3  Interface menu  utama aplikasi 
Vol. 1, No. 1, April 2013    Jurnal Komputasi
©2013 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserved
http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi  Hal 89 dari 90
No  Pengujian Detail
1  Fungsi aplikasi  a.
b.
c.
Kesesuaian input pilihan dengan output
Kesesuain output grammar dengan pilihan yang
diberikan
Proses pengurangan stok
d.    Proses pengisian stok  
Tabel  1  Daftar Pengujian Aplikasi  (lanjutan)
2  Interface aplikasi  a.    Apakah  tombol  pilihan  ekstra  yang  diberikan
sesuai   dengan   pilihan   jenis   minuman 
yang  dipilih
b.  Men-disable  pilihan  jenis
minuman,  jenis  ukuran  gelas  dan
ekstra  bubuk  yang  kurang  dari 
stok minimum
c.  Pemberitahuan informasi (respon aplikasi)
d.    Manipulasi tombol 
Hasil  dari  pengujian  yang  dilakukan  berdasarkan  daftar  pengujian  tersebut  ditunjukkan  pada
Tabel 2 di bawah ini:
Tabel  2  Daftar Hasil Pengujian Aplikasi
No  Pengujian Detail  Keterangan
1  Fungsi aplikasi  a.  Kesesuaian  input  pilihan  Baik
b.
dengan output
Kesesuaian   output   grammar
Baik
dengan pilihan yang diberikan
c.  Proses pengurangan stok  Baik
d.  Proses pengisian stok  Baik
2  Interface aplikasi  a.    Apakah  tombol  pilihan  ekstra
yang  diberikan  sesuai  dengan
pilihan  jenis  minuman  yang
dipilih
b.  Men-disable  pilihan  jenis
minuman,  jenis  ukuran  gelas
dan  ekstra  bubuk  yang  kurang
dari stok minimum
c.  Pemberitahuan  informasi
(respon aplikasi)
d.  Manipulasi tombol
Baik
Baik
Baik
Baik
Vol. 1, No. 1, April 2013    Jurnal Komputasi
©2013 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserved
http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi  Hal 90 dari 90
4  Kesimpulan
Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  analisis  dari  penerapan  Finite  State  Automata  (FSA)  pada
mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis,  maka  dapat  disimpulkan  bahwa:  Finite  State  Automata
(FSA)  dapat  menjadi  salah  satu  alternatif  untuk  merancang  suatu  mesin  pembuat  minuman  kopi
otomatis  yang flexible dalam  hal  mengenal  dan  menangkap  pola  dalam  proses pembuatan  minuman
kopi  dan  variasinya.  Konsep  FSA  pada  mesin  pembuat  minuman  kopi  otomatis  diterapkan  dengan
cara  FSA  membaca  setiap  simbol  masukan  yang  diberikan  menjadi  suatu  bahasa  yang  dikenali
oleh FSA.  Mesin  selanjutnya  akan  melakukan  proses  pembuatan  minuman  sesuai  dengan  bahasa
yang  telah  dibaca  oleh  FSA.  Adapun  saran  yang  dapat  diberikan  untuk  pengembangan  penelitian
ini  lebih  lanjut  yaitu  dengan  memberikan  fitur  proses  transaksi  penjualan  secara  otomatis,
sehingga  mesin  tidak  hanya  dapat  melakukan  proses  pembuatan  minuman  tetapi  juga  dapat
melakukan proses transaksi penjualan secara otomatis.
5  Refference
[1]  Linz,  Peter.  An  Introduction  to  Formal  Language  and  Automata.  John  and  Bartlett
Publisher (2001).
[2]  Rahardjo,  Budi.  Penggunaan  Formal  Methods  dalam  Desain  Perangkat  Keras.  Pusat
Penelitian  Antar  Universitas  bidang  Mikroelektronika  (PPAU  ME)  Institut
Teknologi  Bandung (1998).
[3]  R.W.   Butler.   What   is   Formal   Methods?.   http://shemesh.larc.nasa.gov/fm/fm-what.html.
Diakses 13 Agustus 2012 




PENERAPAN ALGORITME FSA (FINITE STATE AUTOMATA) UNTUK 
PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA MADURA
Pyepit Rinekso Andriyanto
1
, Firdaus Solihin
2
, Mula’ab
3
1,2,3 
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang Po Box.2 Kamal 69169 Telp. 031 3011147 fax 031 3011506
E-mail: pyepitrineksoa@gmail.com, fsolihin@if.trunojoyo.ac.id, mulaab@if.trunojoyo.ac.id
Abstrak:  Salah satu kendala dalam mempelajari  bahasa  Madura terletak pada 
perbedaan antara penulisan dan pengucapannya. Maka dari itu, perlu adanya 
media pembelajaran yang inovatif agar proses belajar menjadi lebih mudah. 
Dalam penelitian ini telah dirancang dan dibangun sistem pembelajaran membaca 
permulaan  bahasa  Madura berbasis  web, yang bertujuan untuk membantu 
masyarakat Madura dalam belajar membaca dan meningkatkan kemampuan 
berbahasa  Madura secara baik dan benar. Sistem pembelajaran ini terdiri dari 
pengenalan huruf, suku kata, kata, dan kalimat  bahasa  Madura serta cara 
pengucapannya. Sistem  dibangun menggunakan algoritme FSA (Finite State 
Automata) dua tingkat pada proses pemenggalan  suku kata  bahasa  Madura, yaitu 
sebuah algoritme yang mampu mengenali pengklasifikasian suku kata  bahasa
Madura. Penerapan algoritme FSA pada proses pemenggalan suku kata  bahasa
Madura cukup efektif digunakan dengan prosentase keberhasilan 100%.  Sistem 
ini  juga dibangun untuk memperkenalkan  bahasa  Madura kepada masyarakat luar 
pulau Madura agar mudah bagi mereka untuk mengerti dan belajar  bahasa
Madura.
Kata kunci:  Bahasa Madura,  Finite State Automata,  Media Pembelajaran,
Membaca Permulaan, Pemenggalan Suku Kata.
Abstract: One of the obstacle in learning Madurese lies on the difference between 
written form and pronunciation. Hence, there must be innovative learning media 
to make the learning process becomes easier. In this study, it has been designed 
and built sort of web based system learning of basic Madurese reading, which 
aims to help Madurese people to learn reading and to enhance the competence of 
using Madurese language well and properly. This learning system consists of 
Madurese letters introduction, syllables, words, and sentence also the 
pronunciation. The system is made by using two stages of FSA (Finite State 
Automata) algorithm in the processing of cut-off Madurese language syllable, that 
is an algorithm which is able to identify Madurese language syllable 
classifications. The application of FSA in the processing of Madurese language 
syllable cut-off is quite effectively used, with the percentage 100%. This system is 
also made to introduce Madurese language to people outside Madura island that 
it can be easier for them to understand and learn Madurese language. 
Key words: Madurese language, Finite State Automata, Learning media, Basic 
reading, syllable cut-offs.
PENDAHULUAN
Perkembangan zaman  menyebab-kan  bahasa  Madura mengalami degradasi. 
Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor 
antara lain minimnya pembelajaran formal 
di bangku sekolah,  berkembanganya 
bahasa baru (bahasa gaul) yang dirasa 
lebih menarik sehingga menggeser 
popularitas  bahasa  Madura, dan minimnya 
para ahli bahasa dalam membina dan 
melestarikan  bahasa  Madura.  Perbedaan 
antara penulisan dan pengucapan  bahasa
Madura  juga  menjadi salah satu faktor 
penghambat kelestarian bahasa ini di 
masyarakat khususnya pada anak-anak. 
Hal  ini disebabkan  bahasa  Madura 
memiliki beberapa keunikan seperti adanya 
fonem-fonem Madura yang beraspirat atau 
pengucapan kata dengan dihembuskan 
seperti; bh, dh, gh, dan jh.[1]
Saat ini pembelajaran membaca 
bahasa  Madura dilakukan secara 
tradisional dan kurang interaktif, baik di 
bangku sekolah maupun di lingkungan 
keluarga. Pada akhirnya minat belajar anak 
untuk mempelajari  bahasa  Madura 
semakin menurun. Maka dari itu, perlu 
adanya sarana yang dapat menarik minat 
anak untuk mempelajari  bahasa Madura 
dengan mudah. Salah satunya dengan 
membuat sistem pembelajaran membaca 
permulaan bahasa Madura berbasis web.
Dalam penelitian ini, penulis 
mengembangkan dari penelitian 
sebelumnya yang  dilakukan  oleh Rahilah 
(2013) tentang aplikasi penerjemah  bahasa 
Madura ke Indonesia dan bahasa  Indonesia 
ke Madura.  Penelitian tersebut hanya 
mampu menerjemahkan kosa kata dalam 
bentuk teks. Melalui sistem pembelajaran 
membaca permulaan  bahasa Madura 
diharapakan dapat membantu mening-katkan minat  masyarakat Madura 
khususnya  anak-anak  dalam belajar 
membaca dan meningkatkan kemampuan 
berbahasa Madura dengan baik.
Sistem pembelajaran ini terdiri dari 
pengenalan huruf, suku kata, kata, dan 
kalimat  bahasa Madura serta cara 
pengucapannya.
Sistem dibangun menggunakan 
algoritme FSA (Finite State Automata) dua 
tingkat pada proses pemenggalan suku kata 
bahasa Madura, yaitu sebuah algoritme 
yang mampu mengenali pengklasifikasian 
suku kata Bahasa Madura.
TINJAUAN PUSTAKA
Membaca Permulaan
Farida Rahim (2011) mengemukakan 
bahwa  salah satu proses belajar yang 
efektif  dilakukan melalui kegiatan 
membaca. Masyarakat yang gemar 
membaca akan memperoleh pengetahuan 
dan wawasan baru sehingga mereka akan 
lebih siap dan mampu menjawab tantangan 
hidup pada masa yang akan datang.
Menurut  Erniati (2013)  membaca 
permulaan  adalah sebuah metode belajar 
pada anak dimulai dari mengenalkan huruf 
dan lambang tulisan yang menitik beratkan 
pada aspek ketepatan menyuarakan tulisan, 
lafal dan intonasi yang wajar, kelancaran, 
dan kejelasan suara.
Bahasa Madura
Bahasa Madura adalah bahasa daerah 
yang digunakan oleh orang Madura 
sebagai alat untuk berkomunikasi, 
menunjukkan identitas dan eksistensi 
sebagai salah satu suku yang ada di 
nusantara yaitu suku Madura.  Pada 
dasarnya  bahasa Madura dibagi menjadi 
tiga tingkat bahasa, yaitu: tingkat bahasa 
umum (iyâ-enjâ’),  tingkat bahasa 
menengah (èngghi-enten),  dan  tingkat 
bahasa tinggi/halus (Èngghi-bhunten).[1]
FSA (Finite State Automata)
FSA adalah sebuah sistem 
pemodelan matematika yang mempelajari 
tentang Teori Bahasa Formal (TBF). 
Bahasa  yang dibahas adalah bahasa tulisan 
dengan masukan dan keluaran berupa 
diskrit. Algoritme  FSA berfungsi sebagai 
pengenal (recognizer) suatu bahasa dengan 
melakukan pengelolaan dari masukan yang 
berupa  string  dan mengeluarkan  suatu 
keputusan DITERIMA jika string masukan 
termasuk dalam bahasa, dan DITOLAK 
jika  string  masukan tidak termasuk dalam 
bahasa.[2]
Contoh diagram  state  FSA diberikan 
pada gambar 2.1 berikut. 
Gambar 2.1 Diagram State untuk FSA
Keterangan Gambar 2.1 :
a.  Lingkaran menyatakan  state  atau 
kedudukan.
b.  Lingkaran dengan busur panah diawal 
tanpa label menyatakan state awal.
c.  Lingkaran ganda menyatakan  state 
akhir.
d.  Busur panah menyatakan perpindahan 
state.
e.  Label pada lingkaran menyatakan 
nama state.
Free Contex Parsing Algorithm
Free Contex Parsing Algorithm 
merupakan sebuah metode yang dapat 
diterapkan untuk menerjemahkan bahasa. 
Dalam menerjemahkan bahasa Indonesia 
ke bahasa Madura dan sebaliknya 
digunakan metode  Free Contex Parsing 
Algorithm dengan langkah-langkah sebagai 
berikut : [3]
a.  Memasukkan kalimat  bahasa Indonesia 
yang sesuai dengan kaedah yang ada.
b.  Memisahkan kalimat menjadi kata 
dengan mengecek  setiap kata, apakah 
sudah cocok arti setiap kata atau tidak. 
Jika telah cocok maka akan digabung 
menjadi suatu kalimat dalam  bahasa 
Madura.
c.  Jika  tidak,  maka akan melakukan 
proses  stemming, yaitu sebuah fungsi 
yang digunakan untuk mentransformasi 
kata-kata yang terdapat dalam 
dokumen sehingga dari kata-kata 
tersebut terbentuklah  root word  (kata 
dasar/akar kata) dengan menggunakan 
aturan-aturan tertentu.
PERANCANGAN
Rancangan Umum
Sistem pembelajaran ini memiliki 
kemampuan antara lain menyajikan materi 
dasar berupa pengenalan huruf, suku kata, 
kata, dan kalimat serta  cara 
pengucapannya. Terdapat fitur kuis bagi 
user  yang dapat digunakan untuk 
mengetahui tingkat keberhasilan 
pembelajaran. Kuis yang disajikan berupa 
latihan bagaimana menuliskan kata  bahasa 
Madura sesuai dengan suara dan gambar 
yang diberikan.  Pada gambar 3.1 berikut 
ini merupakan gambaran umum untuk 
sistem pembelajaran yang dibangun.
Gambar 3.1a Rancangan Umum Sistem
Gambar 3.1b Rancangan Umum Sistem
Diagram  state  sistem pada gambar 
3.1a yang berlanjut pada gambar 3.1b 
menunjukkan proses tiap alur halaman dari 
sistem pembelajaran yang dibangun.
Pemenggalan Suku Kata  Bahasa 
Madura dengan Masukan Bahasa 
Indonesia
Proses ini digunakan untuk 
pemenggalan  suku kata  bahasa Madura 
dengan  inputan  bahasa Indonesia hingga 
menjadi suara. Adapun alurnya bisa dilihat 
pada gambar 3.2 berikut.
Gambar 3.2 Flowchart Pemenggalan Suku 
Kata dengan Inputan Bahasa Indonesia
Pemenggalan Suku Kata Bahasa 
Madura dengan Masukan Bahasa 
Madura
Proses ini digunakan untuk 
pemenggalan  suku kata  bahasa Madura 
dengan inputan bahasa Madura hingga 
menjadi suara. Adapun alurnya bisa dilihat 
pada gambar 3.3 berikut.
Gambar 3.3 Flowchart Pemenggalan Suku 
Kata dengan Inputan Bahasa Madura
Aturan Pemenggalan Suku Kata Bahasa 
Madura
Bahasa  Madura mengenal tujuh 
huruf vokal yaitu : a, â, e, è, i, o, u, dan 27 
huruf konsonan yaitu: b, bh, c, d, dh, f, g, 
gh, h, j, jh, k, l, m, n, ng, ny, p, q, r, s, t, v, 
w, x, y, z.  Karena  bahasa Madura dan 
bahasa Indonesia memiliki keterkaitan 
bahasa baik dari sisi morfologi, fonologi 
maupun sintaknya [4]. Maka dari itu dalam 
pemenggalan kata bahasa Madura 
mengacu pada aturan pemenggalan kata 
bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut : 
a.  Jika di tengah kata dasar ada dua huruf 
vokal, maka pemenggalan dilakukan di 
antara kedua huruf vokal tersebut.
b.  Jika di tengah kata dasar ada huruf 
konsonan diantara dua huruf vokal, 
maka pemenggalan dilakukan sebelum 
huruf konsonan itu.
c.  Jika di tengah kata dasar ada dua buah 
huruf konsonan yang berurutan, maka 
pemenggalan dilakukan diantara kedua 
huruf konsonan itu.  Huruf konsonan 
bh, dh, gh, jh, ng, ny  dianggap sebagai 
satu kesatuan karena gabungan huruf 
tersebut melambangakan sebuah 
fonem.
d.  Jika ditengah kata dasar ada tiga huruf 
konsonan atau lebih, maka 
pemenggalannya dilakukan  di antara 
konsonan yang pertama, termasuk 
gabungan huruf konsonan, dengan 
huruf yang kedua.
e.  Jika ditengah kata dasar ada huruf 
glotal (‘), maka pemenggalannya 
dilakukan setelah huruf tersebut.
Berdasarkan aturan pemenggalan  kata 
bahasa Madura, maka didapatkan pola 
umum suku kata bahasa Madura seperti 
pada tabel 3.1 berikut:
Tabel 3.1 Pola Umum Suku Kata Bahasa 
Madura
Pola  Contoh Kata
V  a-bit (lama),  a-les (alis),  i-man 
(iman),  o-bâng (uang),  o-nèng 
(tau), sa-è (baik), dâ-i (dahi).
VK  el-la  (jangan),  ib-blis (iblis), 
ra-èh  (wajah), ra-op  (basuh 
muka), ja-il  (air liur), lè’-èr 
(leher).
KV  sa-è  (baik), bâ-ras (sembuh), 
ang-lo  (sakit), el-la  (jangan), 
lop-pa  (lupa),  lo-lo  (jamu),  na-pa (apa), bhâ-kal (bakal).
KVK  a-kan-ta (seperti),  dân-tos
(tunggu), ke-la-ban  (dan),  nim-bhâ-li (memanggil), pa-le-man
(pulang), bhun-ten (tidak).
KKV  Bhru-ma (kolong tempat tidur), 
bhru-wâng (beruang),  bhru-sa 
(bertebaran), bhlâ-i (sengsara).
KKVK  Bang-krut  (bangkrut),  bhlâk-sèk (tidak mau diam),  bhrin-ding (berjalan dengan goyah).
VG  na-è’  (naik), ca'-  a’
(penangkal), jhâ-i'  (menjahit), 
la-o' (selatan), pa-è' (pahit).
KVG  al-po’  (mudah hancur), kè-di’ 
(nanti),  ca’na (katanya), din-na’ (disini), sèng-ko’ (saya).
KKVG  Cep-plo', cok-kla', kop-plo'
(Kopya Haji), lèt-trè' (lintrik), 
tab-bra' (tabrak).
Algoritma FSA yang digunakan 
untuk pengenalan suku kata bahasa 
Madura terdiri dari dua tingkatan. Pada 
tingkatan pertama akan mengenali pola 
suku kata V, G, K, dan KV. Hasil 
pengenalan FSA tingkat pertama akan 
menjadi masukan pada FSA tingkatan 
berikutnya. Pada tingkatan kedua akan 
mengenali pola V, VK, VG, KV, KVK, 
KKV, KKVK, KVG dan KKVG.
Pada gambar 3.4  diberikan 
diagram transisi FSA tingkat pertama 
untuk mengenali pola suku kata V, G, K, 
dan KV.
Gambar 3.4 FSA Tingkat Pertama
Contoh pemenggalan suku kata 
pada FSA tingkat pertama diberikan pada 
tabel 3.2 sebagai berikut: 
Tabel 3.2 Pemenggalan Suku Kata Pada FSA 
Tingkat Pertama
Kata/Pola  FSA Tingkat 1/
Pola
Obâng/
VKVK
o-bâ-ng /
V-KV-K 
nètè’è /
KVKVGV
nè-tè-’-è /
KV-KV-G-V 
Nimbhâli /
KVKKVKV
ni-m-bhâ-li /
KV- K-KV-KV
tabbra' /
KVKKKVG
ta-b-b-ra-' /
KV-K-K-KV-G
naè’ /
KVVG
Na-è - ’ /
KV-V-G
Bhlâccar / 
KKVKKVK
Bh-lâ-c-ca-r /
K-KV-K-KV-K 
parbidâ’ân /
KVKKVKV
GVK
Pa-r-bi-dâ - ’-â-n /
KV-K-KV-KV-G-V-K
Anglo /
VKKV
A-ng-lo /
V-K-KV
Ella /
VKKV
E-l-la / 
V-K-KV
Loppa /
KVKKV
Lo-p-pa /
KV-K-KV
Pada gambar 3.5 diberikan diagram 
transisi FSA tingkat kedua untuk 
mengenali pola suku kata V, VK, VG, KV, 
KVK, KKV, KKVK, KKKV, KKKVK, 
KVG dan KKVG
Gambar 3.5 FSA Tingkat Kedua
Contoh pemenggalan suku kata 
pada FSA tingkat  kedua diberikan pada 
tabel 3.3 sebagai berikut:
Tabel 3.3 Pemenggalan Suku Kata Pada FSA 
Tingkat Kedua
Kata/Pola  FSA Tingkat 1/
Pola
FSA Tingkat 2/
Pola
Obâng /
VKVK
o-bâ-ng /
V-KV-K 
o-bâng /
V-KVK
nètè’è /
KVKVGV
nè-tè - ’-è /
KV-KV-G-V 
nè-tè’-è /
KV-KVG-V
Nimbhâli /
KVKKVKV
ni-m-bhâ-li /
KV-K-KV-KV
nim-bhâ-li /
KVK-KV-KV
tabbra' /
KVKKKVG
ta-b-b-ra - ' /
KV-K-K-KV-G
tab-bra' /
KVK-KKVG 
naè’ /
KVVG
Na-è -’ /
KV-V-G
Na-è’ /
KV-VG
Bhlâccar / 
KKVKKVK
Bh-lâ-c-ca-r  /
K-KV-K-KV-K 
Bhlâc-car /
KKVK-KVK
parbidâ’ân /
KVKKVKV
GVK
Pa-r-bi-dâ -’-â-n/
KV-K-KV-KV-G 
-V- K
Par-bi-dâ’-ân/
KVK-KV-KVG-VK
Anglo /
VKKV
A-ng-lo /
V-K-KV
Ang-lo /
VK-KV
Ella /
VKKV
E-l-la / 
V-K-KV
El-la / 
VK-KV
Loppa /
KVKKV
Lo-p-pa /
KV-K-KV
Lop-pa /
KVK-KV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Aplikasi pembelajaran membaca 
permulaan  bahasa Madura dalam 
penelitian ini diselesaikan dalam satu 
aplikasi berbasis  web, maka dari itu untuk 
dapat memulainya yaitu dengan 
menjalankan aplikasi  browser. Halaman 
utama pada aplikasi ini tampak seperti 
pada gambar 4.1 berikut.
Gambar 4.1 Halaman Utama 
a.  Proses pertama pembelajaran yaitu 
dimulai pada pengenalan huruf  bahasa 
Madura.  Halaman pengenalan huruf 
tampak seperti pada gambar 4.2 
berikut.
Gambar 4.2 Halaman Pengenalan Huruf
b.  Proses kedua setelah pengenalan huruf
bahasa Madura  yaitu pengenalan suku 
kata  bahasa Madura. Halaman 
pengenalan suku kata tampak seperti 
pada gambar 4.3 berikut
Gambar 4.3 Halaman Pengenalan Suku 
Kata
c.  Proses ketiga setelah pengenalan suku 
kata  bahasa Madura  yaitu pengenalan 
kata  bahasa Madura. Halaman 
pengenalan kata tampak seperti pada 
gambar 4.4 berikut.
Gambar 4.4 Halaman Pengenalan Kata
d.  Proses  keempat setelah pengenalan 
kata  bahasa Madura  yaitu pengenalan 
kalimat  bahasa Madura. Kalimat yang 
dikenalkan terdiri dari tiga tingkatan 
yaitu tingkat bahasa umum,  menengah, 
tinggi/halus. Halaman  pengenalan 
kalimat tampak seperti pada gambar 
4.5 berikut.
Gambar 4.5 Halaman Pengenalan Kalimat
User  juga dapat melakukan input 
manual dengan masukan kata/kalimat 
bahasa Indonesia yang diucapkan 
dalam  bahasa Madura  atau dengan 
masukan kata/kalimat  bahasa  Madura 
serta cara pengucapannya.
e.  Proses terakhir setelah  pengenalan 
kalimat yaitu kuis/ujian. Pada halaman 
ini diberikan beberapa model soal 
yaitu:
1.  Soal berupa gambar bagian tubuh 
manusia.  User  ditugaskan untuk 
menuliskan nama gambar tersebut 
dalam  bahasa Madura  ènggi 
bhunten  (tingkat bahasa halus). 
Ujian model  gambar ini tampak 
seperti pada gambar 4.6 berikut.
Gambar 4.6 Halaman Kuis Model 
Gambar
2.  Soal berupa  audio  kata  bahasa 
Madura.  User  ditugaskan untuk 
menuliskan kata dari suara tersebut. 
Ujian ini tampak seperti pada 
gambar 4.7 berikut.
Gambar 4.7 Halaman Kuis Model 
Audio
Implementasi Uji Coba
Uji coba sistem dilakukan dengan 
tujuan untuk mengetahui apakah sistem 
dapat berjalan sesuai dengan yang 
diharapkan. Beberapa pengujian yang 
dilakukan, yaitu sebagai berikut:
1.  Pengujian proses pemenggalan 
suku kata menggunakan FSA.
2.  Pengujian pemutaran audio/suara.
3.  Survei kemanfaatan sistem 
terhadap pengguna.
Pengujian Proses Pemenggalan Suku 
Kata
Uji coba ini berfungsi untuk 
mengetahui kinerja dari proses FSA untuk 
pemenggalan suku kata  bhasa Madura. Uji 
coba dilakukan pada beberapa kata dasar 
dan kata berimbuhan bahasa Madura.
Hasil pengujian pada proses 
pemenggalan suku kata cukup memuaskan. 
Dari hasil uji coba yang telah dilakukan 
pada 100 kata dasar  bahasa Madura, 
diketahui bahwa semua kata dasar dapat 
dipenggal sesuai dengan aturan 
pemenggalan bahasa Madura dengan baik.
Sedangkan dari hasil uji coba yang 
telah dilakukan pada  100  kata berimbuhan 
bahasa  Madura, diketahui bahwa semua 
kata berimbuhan juga dapat dipenggal 
sesuai dengan aturan pemenggalan  bahasa 
Madura dengan baik.
Uji Coba Pemutaran Audio Suku Kata
Uji coba ini berfungsi untuk 
mengetahui kinerja dari proses pemutaran 
audio  suku kata  bahasa Madura. Uji coba 
pemutaran  audio  telah dilakukan sebanyak 
20 kalimat  bahasa Madura. Hasil uji coba 
pada proses pemutaran  audio  suku kata, 
diketahui bahwa semua kalimat dapat 
diucapkan dengan baik.
Survei Kemanfaatan Sistem Terhadap 
Pengguna
Uji coba dilakukan dengan 
wawancara secara langsung kepada  user
untuk mengetahui komentar, saran, dan 
kritik dari aplikasi yang telah dibuat 
Setiap orang akan memiliki 
kemampuan dan keterampilan yang 
berbeda, maka dari itu data koresponden 
dibagi menjadi tiga kategori dengan 
perbedaan umur pada setiap kategorinya, 
yaitu rentang umur 7-12 tahun sebanyak 10 
orang, 13-18 tahun sebanyak 10 orang, dan 
> 19 tahun sebanyak 10 orang.
Pada Gambar 4.8  berikut ini 
menunjukkan grafik hasil survei dari 
semua kategori usia.
Gambar 4.8 Grafik Data Hasil Survei
Berdasarakan hasil wawancara 
dengan koresponden didapatkan bahwa 
aplikasi ini dapat memberikan kemudahan 
pada  user  dalam belajar membaca  bahasa 
Madura. Karena  pada aplikasi dijelaskan 
secara rinci cara penulisan kata/kalimat 
bahasa Madura dengan benar serta cara 
pengucapannya. Mereka mengatakan 
bahwa sangat menantang dalam menjawab 
soal kuis yang diberikan. Pengembangan 
berikutnya akan semakin baik lagi apabila 
aplikasi pembelajaran  bahasa Madura ini 
dapat berjalan pada perangkat mobile.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Setelah dilakukan uji coba terhadap 
sistem pembelajaran membaca permulaan 
bahasa Madura yang telah dirancang dan 
dibangun, maka didapatkan beberapa 
kesimpulan yaitu sebagai berikut.
1.  Aplikasi pembelajaran membaca 
permulaan  bahasa Madura ini 
mampu melafalkan suku kata dari 
kata dan kalimat Bahasa Madura.
2.  Aplikasi pembelajaran ini 
membantu mempermudah proses 
belajar membaca dan meningkatkan 
kemampuan berbahasa Madura 
secara baik dan benar.
3.  Aplikasi pembelajaran dapat 
melafalkan kata/kalimat  bahasa 
Madura dengan inputan  bahasa 
Indonesia maupun inputan dari 
bahasa Madura.
4.  Prosentase kebenaran pada uji coba 
terhadap pemenggalan suku kata 
bahasa Madura yaitu, uji coba 100 
kata dasar  bahasa Madura 100%, 
dan uji coba 100 kata berimbuhan 
bahasa Madura 100%.
5.  Uji coba pemutaran audio suku kata 
bahasa Madura yaitu, uji coba 20 
kalimat bahasa Madura 100%.
6.  Berdasarkan uji coba yang telah 
dilakukan pada proses 
pemenggalan suku kata  bahasa 
Madura, algoritma FSA dua tingkat
yang telah diterapkan mampu 
melakukan pemenggalan suku kata 
sesuai dengan aturan pemenggalan 
bahasa Madura.
Saran
Dari hasil pengujian sistem, 
diberikan beberapa saran untuk penelitian 
selanjutnya pada rancang bangun aplikasi 
pembelajaran  bahasa Madura, yaitu 
sebagai berikut.
1.  Proses pemutaran  audio  suku kata 
bahasa Madura harus dikembangkan 
lagi agar  audio  suku kata yang 
dilafalkan lebih halus dan jelas.
2.  Aplikasi ini dapat dikembangkan 
menjadi media pembelajaran berbasis 
mobile.
3.  Perlu adanya tambahan audio suku kata 
agar dapat melafalkan semua kata 
bahasa Madura yang ada.
DAFTAR PUSTAKA
[1]  Pawitra, A.  Kamus Lengkap Bahasa 
Madura Indonesia.  Jakarta: Dian 
Rakyat. 2009.
[2]  Hariyanto, B. Teori Bahasa, Otomata, 
dan Komputasi serta  terapannya. 
Bandung: Informatika Bandung. 2004.
[3]  Rahilah. Aplikasi Penerjemah Bahasa 
Madura-Indonesia dan Indonesia-Madura menggunakan Free Context 
Parsing Algorithm.  Bangkalan: 
Program Studi Teknik Informatika, 
Fakultas Teknik. Universitas 
Trunojoyo Madura. 2013.
[4]  Effendy, Hafid.M. Pramasastra Bhâsa 
Madhurâ.  Pamekasan: Modul Fakultas 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, 
Universitas Madura. 2006.
[5]  Rahim, F.  Pengajaran Membaca di 
Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. 
2011.
[6]  Erniati. Peningkatan Kemampuan 
Membaca Permulaan Menggunakan 
Metode Struktural Analitik Sintetik Di 
Kelas I Sekolah Dasar Negeri 18 
Sadaniang. Pontianak: Program Studi 
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 
Fakultas Keguruan dan Ilmu 
Pendidikan, Universitas Tanjungpura 
Pontianak. 2013
[7]  Basuki, T.A. Pengenalan Suku Kata 
Bahasa Indonesia Menggunakan Finite-State Automata. Integral. 5 : 2. 2000.
[8]  Astuti, E.S., Naba, A., & Prijono, W.A. 
Sistem TTS Dalam Bahasa Indonesia 
Menggunakan Metode FSA dan 
Database Diphone. Seminar  Nasional 
Electrical, Informatics, and IT’S 
Education. B1 : 139-144. 2009. 





Comments